Headline

Asita Harapkan Gubernur Terpilih Rangkul Pelaku Pariwisata di NTT

KUPANG, mediantt.com – Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Provinsi Nusa Tenggara Timur Abed Frans mengharapkan gubernur yang terpilih dalam pilkada 2018, merangkul semua pelaku pariwisata lokal agar bersinergi memajukan kepariwisataan NTT.

“Kami sangat berharap gubernur baru bisa merangkul semua palaku pariwisata lokal baik dalam promosi maupun penjualan berbagai destinasi wisata di NTT,” kata Abed Frans di Kupang, Kamis (5/7).

Abed menyatakan telah mengemukakan hal itu secara langsung dalam pertemuan dengan gubernur terpilih berdasarkan hasil sementara perhitungan cepat, Viktor Bungtilu Laiskodat di Kupang, Rabu (4/7).

Intinya, jelas dia, Asita berharap ada sinergitas yang lebih baik antara pemerintah daerah dengan pelaku-pelaku pariwisata di tahun-tahun mendatang. “Harus ada sinergi yang lebih nyata dalam membangun pariwisata di NTT,” kata Abed.

Ia mengatakan, sinergi pemerintah-swasta sangat diperlukan agar bisa membangun strategis bersama dalam pengembangan pariwisata yang kaya dan terkenal di provinsi berbasiskan kepulauan itu.

Menurutnya, hal itu mengingat para pelaku pariwisata seperti operator tour yang setiap saat menangani wisatawan di lapangan.

Pihaknya juga mengusulkan agar para pelaku pariwisata lokal di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores bisa masuk dalam struktur organisasi Badan Otoritas Pariwisata (BOP) yang ditetapkan pemerintah belum lama ini. Keterlibatan ini, lanjutnya, sangat penting untuk menyerap aspirasi dari pelaku-pelaku pariwisata lokal terkait pengembangan kepariwisataan.

“Semoga usulan ini juga belum terlambat agar aspirasi dari pelaku-pelaku lokal bisa disalurkan dengan baik demi menata pariwisata di daerah ini lebih baik lagi,” katanya. (ant)

Ket Foto : Gubernur Terpilih, Viktor Laiskodat, ketika berkunjung ke salah satu kamoung adat di Belu, yang bakal jasi destinasi wisata.