Pantau Perbaikan Drainase, Jefri Minta Warga Tidak Buang Sampah di Selokan

KOTA KUPANG – Menjelang musim hujan, Wali Kota Kupang Dr. Jefri Riwu Kore meminta petugas Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) dan Dinas PUPR untuk memperbaiki drainase yang ada. Drainase yang tersumbat segera dibersihkan dan diperbaiki. Walikota juga minta warga tidak menbuang sampah di selokan.

Hal ini disampaikan Jefri saat memantau perbaikan drainase di Jalan El Tari, Jumat (8/11/2019). Ia mendatangi lokasi ini lantaran sampah yang berserakan di Jalan El Tari pasca hujan yang mengguyur Kota Kupang Kamis (7/11).

Tak sendirian, wali kota turun bersama para petugas dari Dinas LHK dan Dinas PUPR. Turut hadir Kepala Dinas LHK Yeri Padji Kana dan Kepala Dinas PUPR Hengky Ndapamerang. Jefri meminta Kadis DLHK dan para petugasnya sesegera mungkin membersihkan tumpukan sampah yang ada dalam selokan. Sebab, sampah-sampah tersebut yang menyebabkan air meluap ke jalan.

“Kita cek ternyata selokan tersumbat karena sampah. Baru hujan pertama sudah seperti ini, sehingga petugas saya minta selalu siaga. Masyarakat juga diharapkan tidak membuang sampah sembarangan di got,” kata Jefri.

Petugas yang turun ke lokasi mengerahkan satu unit truk dan tanki penyedot untuk membersihkan selokan yang tersumbat akibat sampah. “Kami juga akan pasang ram-ram yang bisa membatasi sampah-sampah pada saluran yang sudah dipersiapkan, sebab saluran yang ada sudah bagus, namun karena disiplin warga yang kurang baik maka saluran jadi mampet,” tegasnya.

Wali kota juga menegaskan, petugas terus disiagakan untuk membersihkan dan memperbaiki drainase. Namun hal tersebut sia-sia jika masyarakat tetap membuang sampah sembarangan, bahkan membuang sampah ke drainase.

Karena itu, ia berharap kesadaran semua pihak untuk membuang sampah pada tempatnya. “Mari kita semua menjaga kebersihan kota ini dengan membuang sampah di tempat sampah. Kalau buang di selokan, maka hujan pasti air meluap,” kata Walikota Jefri. (*/jdz)