Walikota Jefri Pastikan Tahun 2020 Semua Warga Miskin Terima BPNT

KOTA KUPANG – Pemerintah Kota Kupang akan menaikan jumlah penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang bersumber dari APBD Kota Kupang. BPNT Nasional dibiayai oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial. Jumlah warga penerima BPNT Nasional di Kota Kupang sekitar 15 ribuan.

“BPNT Daerah yang mengunakan APBD Kota Kupang sebanyak 3.000 penerima. Jumlah ini perlu dinaikan, agar dapat mengcover semua masyarakat miskin di Kota Kupang. Dan, pada tahun 2020, penerima BPNT Daerah akan ditambah menjadi 13.000 penerima,” kata Wali Kota Kupang, Dr Jefri Riwu Kore, Rabu (30/10/2019).

Wali Kota menjelaska, berdasarkan Basis Data Terpadu atau BDT yang ada di Dinas Sosial, masih ada belasan ribu masyarakat miskin di Kota Kupang, yang datanya sudah masuk ke BDT, namun belum menerima BPNT Nasional maupun daerah.

”Sesuai Basis Data Terpadu, masih banyak masyarakat yang layak menerima bantuan, namun tidak terakomodir. Untuk itu kami berupaya agar semua masyarakat yang menerima bantuan tersebut, dapat merasakannya,” imbuhnya.

Menurut Wali Kota, tahun 2020 mendatang, sesuai informasi yang diterima, dana yang akan masuk ke rekening penerima BPNT akan naik menjadi Rp 150 ribu, yang Awalnya hanya Rp 110 ribu per bulan. Hal ini juga akan dilakukan pada BPNT yang dibiayai oleh Pemerintah Kota Kupang.

Menurutnya, anggaran yang akan diusulkan pemerintah Kota Kupang untuk penambahan jumlah penerima BPNT ini sebesar Rp 28 miliar lebih.

”Anggaran yang dibutuhkan sangat besar. Namun kami akan mengupayakannya,” kata Wali Kota yang akrab disapa Jeriko.

Ia melanjutkan, rencana penambahan jumlah penerima BPNT daerah ini akan diusulkan pada sidang pembahasan RAPBD 2020, agar dibahas bersama DPRD Kota Kupang. (jdz)