Headline

Badan Ekonomi Kreatif “Sulap” Lahan Eks Resto Teluk Kupang Jadi Bioskop

KOTA KUPANG – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mulai “menyulap” lahan eks Resto Teluk Kupang di Kelurahan Kelapa Lima, menjadi gedung bioskop Misbar (Gerimis Bubar). Peletakan batu pertama dilaksanakan Rabu (9/10/2019) oleh Walikota Kupang Dr. Jefri Riwu Kore dan Deputi III Infrastruktur Bekraf, Dr. Hari Santosa Sungkari.

Walikota Dr. Jefri Riwu Kore menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Bekraf yang sangat perhatian kepada Kota Kupang. “Bekraf datang memberikan harapan yang luar biasa dan memajukan Kota Kupang,” kata Jefri.

Menurut Jefri, gedung ini merupakan pusat kreasi bagi anak-anak muda. Gedung ini akan didesain dengan indah tanpa meninggalkan budaya-budaya NTT yang khas. “Sebelum gedung ini Bekraf lewat IKON terus memberikan perhatian khusus kepada kita. Kemarin di Kelurahan Penkase KOIN mendesain rumah tenun dan bersama masyarakat mengembangkan tenunan yang awalnya dengan harga biasa saja, berubah drastis naik sekitar 100 persen,” kata Jefri.

Sementara itu, Dr. Hari Sungkari mengatakan, seni dan budaya Kota Kupang sangat unik dan khas. Oleh karena itu perlu dikembangkan. Jadi dengan adanya gedung Misbar ini, talenta-talenta muda dikembangkan. “Gedung yang dibangun ini nantinya menjadi bioskop mini dan nantinya bukan hanya untuk menonton film, tapi tempat pentas seni untuk menampilkan karya-karya baru dari seluruh NTT yang mengandalkan kearifan lokal. Bisa juga buat diskusi,” kata Hari.

Menurutnya, Bekraf berkomitmen menyelesaikan pengerjaan gedung ini pada Desember tahun ini. “Dan 2020 nanti saya ingin melihat lebih banyak tarian dan karya-karya lain. Saya minta saya diundang dan semoga juga ada film lokal yang bisa ditampilkan nanti,” kata Hari. (jdz)