Headline

Gebrakan Baru Menuju Kupang Smart City dalam Spirit Ayo Berubah

Pemerintah Kota Kupang telah memulai gerakan menuju Kupang Smart City. Ini sebuah desain pembangunan kota modern.

KUPANG, mediantt.com – Kepemimpinan Wali Kota Kupang Dr. Jefri Riwu Kore dan Wakil Wali Kota Kupang dr. Hermanus Man akan memasuki tahun kedua pada 22 Agustus 2019. Sejak dilantik pada 22 Agustus 2017, sudah banyak yang telah dilakukan. Berbagai aksi pembangunan terus digenjot untuk mewujudkan Kota Kupang maju dan mandiri.

Pada usia ke-2 tahun ini, Pemkot Kupang di bawah kendali Dr. Jefri Riwu Kore dan dr. Hermanus Man membuat gebrakan baru menuju Kupang Smart City melalui semangat “Ayo Berubah. “Ini sebuah tagline yang bermakna ajakan untuk bergerak secara kolaboratif semua elemen masyarakat terlibat dalam pembangunan Kota Kupang. Pembangunan yang partisipatif menuju kota modern,” kata Walikota Jefri Riwu Kore kepada wartawan di Kupang, Rabu (31/7).

Menurut dia, berubah artinya melaksanakan berbagai program pembangunan secara kreatif dan inovatif, cepat, tepat, efektif dan efisien dalam ciri kota modern. Perubahan butuh perjuangan bersama. Karena itu, bersama pemerintah, semua komponen masyarakat harus terlibat. Masyarakat bukan lagi menjadi objek, tapi harus menjadi subjek pembangunan, yang berperan penting mewujudkan kota yang maju dan mandiri.

Dikatakan, Pemkot Kupang telah memulai gerakan menuju Kupang Smart City. Ini sebuah desain pembangunan kota modern. Untuk mewujudnyatakan visi ini, perlu perubahan pola pikir, tindakan dan aksi. Oleh karena itu, tagline “Ayo Berubah” menjadi pencetus dan pelecut semangat semua komponen warga Kota Kupang menuju dan mewujudkan Kupang Smart City.

Ada beberapa kegiatan dalam rangka 2 tahun Kepemimpinan
Dr. Jefri Riwu Kore-dr. Hermanus Man, dengan spirit baru “AYO BERUBAH”.

Pertama, Pengresmian dua unit gedung baru RSUD SK. Lerik Kota Kupang, pada Kamis, 1 Agustus 2019.

Kedua, Sayembara logo Kupang Smart City, pada 2-15 Agustus 2019, melalui media social Instagram dan Facebook.

Ketiga, lomba kebersihan antar sekolah (SD dan SMP)/Lomba Wiyatamandala, yang dijadwalkan 6-8 Agustus 2019, dengan mengambil tempat di 200 SD dan SMP sekota Kupang.

Empat, Bimbingan teknis KUPANG SMART CITY, tanggal 7-8 Agustus 2019, di Hotel Neo by Aston. Agendanya, Bimtek dan Launching website Kupang Smart City.

Lima, Bimbingan teknis aplikasi Qlue, pada 11-12 Agustus 2019, di Aula rumah jabatan walikota, dengan Narasumber: Tim Qlue Jakarta. Peserta: 200 orang Tim reaksi cepat Qlue.

Enam, Gerakan Massif “Ayo Bersihkan Kupang” pada Jumat, 9 Agustus 2019 pagi, di semua wilayah Kota Kupang, dengan pusat acara di Pantai Pasir Panjang, belakang Hotel Sotis. Pesertanya, siswa SD, SMP, ASN, Polri, TNI dan warga kelurahan (rencana menggerakan 50 ribu orang).

Tujuh, Lomba perahu hias Dinas Parawisata Kupang, pada Senin, 19 Agustus 2019, di Pantai Teluk Kupang.

Delapan, Semiloka PDAM Kota Kupang “Menemukan Solusi Air Bersih Kota Kupang” pada Selasa, 20 Agustus 2019, di Hotel Neo by Aston.

Sembilan, Peresmian Lampu jalan dan lampu Hias Big Tree Kota Kupang, pada Selasa, 20 juni 2019, di depan ex kantor Bupati Kupang. Agendanya, peresmian penggunaan 3500 lampu jalan dan lampu hias serta big tree Kota Kupang.

Sepuluh, Launching 157 titik Wi-Fi gratis untuk kelurahan dan kecamatan, pada Rabu, 21 Agustus 2019, di Kantor Kelurahan Naioni.

Sebelas, Pemkot Berbagi Bersama Rakyat, pada Kamis, 22 Agustus 2019, di Lapangan upacara Kantor WaliKota Kupang. Agendanya, pembagian raskin plus, buku tabungan penyandang disabilitas dan bantuan gerobak kuliner.

Selurih rangkaian kegiatan ini diakhiri dengan Festival Ayo Brubah, pada 22 Agustus 2019, di pelataran M Hotel, Jalan Timor Raya, dengan agenda pembersihan sampah dimulai pukul 15.00 wita dari Pantai Batu Nona di Nunsui, Kelurahan Oesapa. Dilanjutkan dengan acara puncak Festival Ayo Berubah di pelataran M Hotel.

“Ada penampilan artis-artis asal Kota Kupang (Kupang all star), stand up comedy, dan grand launching Kupang Smart City,” kata Walikota Jefri Riwu Kore. (jdz)