Ile Lewotolok Berstatus Waspada, BPBD NTT Minta Warga Menjauh

by -179 views

KUPANG  – Pos Pengamatan Gunung Api Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Pulau Lembata, NTT, melaporkan bahwa kondisi gunung api tersebut saat ini berstatus waspada. Karena itu, warga di sekitar lereng Ile Lewotolok untuk menjauh dalam radius dua kilometer.

Petugas pemantau Gunung Api Ile Lewotolok Yeremias Kristianto Pugel dalam laporannya yang diterima Antara di Kupang, Rabu (2/1) menjelaskan, peningkatan status itu sudah terjadi sejak Minggu (30/12).

“Hingga saat ini statusnya masih tetap waspada,” katanya dan mengharapkan masyarakat di sekitar Gunung Api Ile Lewotolok serta para pendaki gunung dan para wisatawan agar menjauh dari gunung api tersebut.

“Kami sudah melarang masyarakat untuk melakukan pendakian serta tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius dua kilometer dari kawasan gunung api tersebut,” ujarnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTT Tini Thadeus yang dihubungi secara terpisah mengatakan, pihaknya sudah menerima informasi mengenai peningkatan status gunung api yang terletak di wilayah Kecamatan Ile Ape itu.

Ia mengatakan, sejak 29 Desember 2018 tengah malam seismograf di Gunung Lewotolok merekam empat kali gempa hembusan, satu kali gempa dangkal, tiga kali gempa vulkanik dalam, dan dua kali gempa tektonik jauh.

Ia juga mengharapkan warga atau pun pengunjung di kawasan itu, bisa mengikuti larangan dari pihak pos pemantau gunung api tersebut.

“Kami juga meminta warga di bawah kaki gunung itu bisa lebih waspada, karena status gunung itu pun sampai saat ini masih waspada,” tuturnya. (*)