Bupati TTU Mundur dari Ketua DPC PDI Perjuangan

by -221 views

KEFAMENANU – Kader tulen PDI Perjuangan yang saat ini menjabat Bupati Timor Tengah Utara (TTU) periode kedua, Raymundus Sau Fernandes, mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan  Alasannya, karena tidak diakomodir oleh partainya sebagai calon gubernur NTT.

Kepada wartawan di Kefamenanu, Selasa (19/12), Ray menejelaskan, ada dua alasan ia memutuskan untuk hengkang dari partai berlambang banteng moncong putih itu.
Pertama, ia sudah cukup lelah bekerja mengurus partai itu selama 21 tahun terakhir. Ray mengaku, sudah memimpin partai dari 1996, sejak PDI Pro Mega sampai 2017.

“Mungkin sudah saatnya saya menyerahkan kepada yang lainnya untuk mengurus PDI-P. Sudah lama saya mengurus PDI-P sehingga sudah saatnya menyerahkan kepada yang muda dan enerjik,” tutur Ray.

Alasan berikutnya, PDI-P sudah tidak membutuhkan dirinya. “Karena DPP PDI-P memutuskan itu (mencalonkan non kader jadi cagub), tanpa memberitahukan kepada kami yang kader partai,” katanya.

Terlepas dari direkomendasikan tidaknya dirinya menjadi cagub, Ray berharap, setidaknya DPP PDI-P menyampaikan kepada dirinya sebagai kader bahwa ia belum layak.

“Tapi justru diputuskan (non kader yang jadi calon gubernur dari PDI-P). Kemudian saya diperintahkan untuk bekerja, sehingga saya memikirkan sudah saatnya saya menyerahkan kepada yang lebih muda untuk melanjutkan perjuangan PDI-P di TTU,” jelasnya.

Ditanya soal keputusan DPP PDI-P yang mencalonkan non kader jadi cagub, Ray mengaku tidak mau ikut campur. Karena itu kewenangan penuh DPP.

Ditanya lagi kemungkinan keluar dari PDI-P, Ray secara diplomasi mengatakan akan melihat perkembangan ke depan. “Harapan saya, mereka yang mengurus PDI-P nanti, bisa dilakukan dengan baik, agar tetap mendapat simpati dari masyarakat,” jelasnya.

Diberitakan, PDI-P resmi mengusung pasangan Marinus Sae dan Emilia J Nomleni untuk Pilgub NTT 2018.
Keputusan tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum DPP PDI-P Megawati Soekarnoputri di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (17/12/2017).

“Kok cari pemimpin susah. Akhirnya ketemu deh, Bupati Ngada. Dia namanya Marinus Sae,” ujar Megawati.

Sementara itu, PDI-P mengusung kadernya, Emilia Nomleni untuk mendampingi Marinus. Emilia merupakan Ketua DPC PDI-P Timor Tengah Selatan. Ia juga pernah menjadi anggota DPRD NTT periode 2009-2014.
“Jadi itu wagubnya (Emilia). Mudah-mudahan bisa menang,” katanya. (kpc/jdz)