Touring Etape Terakhir Menikmati Pesona Alam Gunung Fatuleu

by -169 views
FATULEU – Touring etape terakhir Tour the Timor yang dilepas Wakil Bupati TTS Obed Naitboho di kantor Bupati, telah memasuki wilayah Kabupaten Kupang. Para bikers diterima oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kupang John Lakapu dan Kabag Humas Stef Baha di Batu Putih.
Enam perwakilan para bikers mendapat pengalungan selendang sebagai tanda diterima untuk masuk di wilayah Kabupaten Kupang.
“Selamat datang bagi para peserta Tour the Timor dan mari kita sama-sama menuju Gunung Fatuleu menikmati panorama alam yang indah di Fatuleu,” kata Lakapu.
Usai pengalungan, Kadis Pariwisata Kabuaten Kupang mengajak para bikers untuk melanjutkan touring ke Gunung Fatuleu.
Kepada wartawan John Lakapu mengatakan, Gunung Fatuleu sebagai obyek wisata alam di Kabupaten Kupang sedang berbenah untuk menjadi destinasi wisata utama.
“Kami berharap dengan Tour the Timor ini, para bikers bisa membantu mempromosikan Gunung Fatuleu sebagai obyek wisata alam yang menakjubkan kepada wisatawan,” harap Lakapu yang juga kandidat Bupati TTS ini.
Touring etape terakhir itu dilepas oleh Wabup TTS sekitar pukul 08.30 Wita, dan tiba di Batu Putih, perbatasan TTS-Kabupaten Kupang sekitar pukul 10.15 Wita.
Keramat
Para Bikers yang tiba di Gunung Fatuleu, diterima dengan sapaan adat oleh Kepala Desa Nunsaen, Kecamatan Fatuleu Tengah, Marthen Manane, kemudian menjelaskan sejarah Gunung Fatulei.
Menurut dia, Gunung Fatuleu artinya batu yang keramat, yang pada zaman agama belum masuk ke wilayah itu dijadikan batu berhala; meminta keselamatan dan kekayaan, juga obat (leu leu) di gunung tersebut.
Tapi setelah masuknya agama, tidak lagi ada penyembahan berhala.
Kades juga mengatakan, sejak tahun 2015 Gunung Fatuleu mulai dikenal lalu atas intervensi pemerintah kabupaten Kupang dijadikan lokasi wisata alam.
“Penataan Gunung Fatuleu menjadi lokasi wisata alam sedang dilakukan. Tapi kami berharap pemerintah terus membantu pengembangan lokasi ini agar menjadi obyek wisata unggulan,” harap Kades Marthin. “Panorama alam Gunung Fatuleu sangat indah,” tutur sdorang bikers.
Setelah menikmati keindahan dan panorama alam Gunung Fatuleu yang indah,  para bikers melanjutlan touring ke Pantai Lasiana, selanjutnya dijemput oleh Gubernur Frans Lebu Raya dan sejumlahh pejabat di Hotel T-More untuk goes bersama menuju garis finish di Rumah Jabatan Gubernur NTT.  (jdz)