Sikka Alokasikan Rp 1 Miliar untuk TdF, Persiapan Masih Minim

by -220 views

Maumere, mediantt.com – Tour de Flores (TdF) akan kembali digelar pada 14-19 Juli 2017. Pemerintah Kabupaten Sikka telah mengalokasikan anggaran Rp 1 miliar. Namun hingga kini persiapan masih sangat minim.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sikka Kensius Didimus yang dihubungi Selasa (12/6) di Sikka Convention Center menjelaskan, sesuai arahan Gubernur NTT Frans Lebu Raya, setiap daerah yang terlibat langsung TdF diminta menyediakan dana Rp 1,028 miliar. Kabupaten Sikka menyesuaikan dengan kondisi daerah, dan DPRD telah menyetujui Rp 1 miliar.

Dia mengakui sampai sekarang belum ada persiapan apapun. Rencananya minggu depan baru akan dilaksanakan rapat koordinasi untuk mempersiapkan penyelenggaraan TdF. Kensius Didimus beralasan kegiatan TdF kali adalah tahun kedua sehingga kesiapannya tidak terlalu jauh dari tahun sebelumnya.

“Sekarang waktu sudah tinggal satu bulan, sudah mepet, minggu depan mulai rapat koordinasi, kita akan bagi tugas kepada SKPD terkait,” jelas Kensius Didimus.

Jalur etape 1 Larantuka-Maumere dan etape 2 Maumere-Ende kemungkinan akan mengganggu peserta TdF, karena ada beberapa titik di wilayah Sikka yang saat ini sedang dilakukan pengerjaan jembatan dan pelebaran jalan. Didimus mengakui kondisi tersebut sangat mengganggu.

Dia berharap pekerjaan jembatan dan pelebaran jalan bisa selesai sebelum TdF. Kalau pun pekerjaan itu belum selesai, dia meyakini pada saatnya akan direkayasa sehingga bisa memperlancar para peserta. Apalagi, nanti ada tim survei yang turun memeriksa seluruh ruas jalan yang dilewati peserta TdF.

Didimus mengatakan, TdF tahun lalu berhasil memicu peningkatan kunjungan wisatawan di Kabupaten Sikka. Peningkatan kunjungan sangat signifikan jika dibandingkan dengan tahun 2015. Di tahun 2015, sebut dia, kunjungan wisatawan ke Sikka tercatat mencapai 39.198 orang. Setelah TdF, di posisi Desember 2016 kunjungan wisatawan mencapai 45.115 orang.

Kegiatan TdF tahun ini akan melibatkan 600 orang, terdiri dari panitia penyelenggara, wisatawan, dan 100 orang racer atau pembalap. Setelah dari Larantuka para peserta akan menginap satu malam di Maumere untuk selanjutnya menuju Kota Ende. (vicky da gomez)

Ket Foto: Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sikka Kensius Didimus sedang memberikan keterangan kepada wartawan di Sikka Convention Center.