Headline

KPU Rilis Quick Count Pilkada Flotim Melalui Website

Larantuka, mediantt.com – Hasil Pilkada Flotim akan bisa diketahui segera lewat perhitungan cepat atau quick count. KPU Pusat akan merilis quick count melalui website resmi www.kpu.go.id.

Ketua KPU Flotim Ernesta Katana yang dihubungi di ruang kerjanya, Selasa (14/2), menjelaskan, perhitungan cepat akan dirilis oleh KPU Pusat. Untuk mendukung perhitungan cepat, pihaknya akan segera mengirim Formulir C1 dalam bentuk scan.

“Formulir C1 yang sudah masuk ke kami, segera kami scan dan kirim ke Jakarta. Nanti mereka yang akan merilisnya pada website yang resmi,” ujar dia.

Menurut dia, meski akan dilakukan perhitungan cepat, pola itu bukan menjadi dasar untuk menentukan hasil Pilkada Flotim. “Masih ada proses dan tahapan lain yang akan melegitimasi sebuah hasil,” katanya.

Pilkada Flotim 2017 dilaksanakan Rabu (15/1). Sebanyak 154.454 pemilih akan memberikan hak suara kepada 6 pasangan calon, masing-masing masing-masing Andreas ratu Kedang-Paulus Tokan Kopong Paron (Ande-Paul), Lukman Riberu-Marianus Arkian Bulin (Lurus), Yoseph Lagadoni Herin-Marius Payong Pati (Doa Ema), Antonius Doni Dihen-Theodorus M Wungubelen (Antero), Yosep Usen Aman-Michael Mel Ola Ola Fernandez (Rumah Kita), dan Antonius Hubertus Hadjon-Agustinus Payong Boli (Bereun).

Ernesta Katana mengimbau seluruh masyarakat Flotim yang namanya sudah tercatat pada daftar pemilih tetap (DPT) untuk mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) dengan membawa Formulir C6 atau A5. Bagi pemilih yang belum tercatat dalam DPT, jelasnya, dapat menggunakan hsk pilih dengan menunjukkan EKTP atau surat keterangan yangn dikeluarkan oleh Dinas Catatn Sipil dan Kependudukan Kabupaten Flotim.

Tiga Calon Tidak Coblos

Katana juga menjelaskan, dari enam pasangan calon (paslon) yang mengikuti perhelatan politik ini, tiga calon yang tidak ikut coblos. Ketiganya adalah paslon Lukman Riberu-Marianus Arkian Bulin dengan tagline Lurus, dan Calon Wakil Bupati Paul Tokan.

“Ketiga calon tidak ikut memberikan hak pilih karena persyaratan adminsitrasi. Lukman Riberu memegang KTP Kalimantan, sedangkan Marianus Arkian Bulin dan Paulus Tokan Kopong Paron memegang KTP Kota Kupang.  Rata-rata semua calon akan memilih pada TPS di Kota Larantuka, kecuali calon atas nama Anton Doni yang memilih di Adonara,” jelas mantan wartawan Flores Pos ini.

Secara keseluruhan pemilih yang terdaftar pada DPT adalah 154.424 pemilih, tersebar di 19 kecamatan atau 250 desa. Untuk memperlancar seluruh proses, KPU Flotim menyiapkan 439 TPS.

Ia juga menjelaskan, seluruh persiapan sudah dilaksanakan dan berlangsung sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Dalam tiha hari terakhir ini KPU Flotim telah melakukan pendropingan logistik sampai ke panitia pemilihan kecamatan (PPK), untuk seterusnya akan didroping ke TPS. Proses pendropingan dikawal ketat aparat kepolisian.

Dia mengatakan Kabupaten Flotim beberapa hari terakhir ini dilanda angin kencang dan cuaca yang ekstrim. Meski demikian, akunya, proses pendropingan berlangsung lancar. Kecuali untuk 5 TPS di Kecamatan Tanjung Bunga, yakni di Desa Pati Sirawalang, Latonliwo, dan Arangsina, yang harus dibantu tenaga manusia.

“Hari Minggu (12/2) kami drop ke 12 kecamatan di Adonara, Solor, dan tanjung Bunga. Lalu Sienin (13/2) ke 6 kecamatan di daratan Flotim, dan hari ini yang terakhir khusus di Kota Larantuka. Memang sedikit terganggu dengan cuaca tapi syukur semuanya belangsung aman,” ujar dia. (vicky da gomez)

 Foto: Ketua KPUD Flotim, Erni Katana.