Headline

Pilkada Harus Menjamin Solidaritas, Bukan Merusak Persaudaraan

Kupang, mediantt.com – Pilkada serentak 2017 tinggal dua hari lagi. Semua kontestan Pilkada beserta seluruh tim dan simpatisan, juga rakyat pemilih, sedang berada dalam masa tenang. Masa menimbang siapa yang layak dipilih sesuai hati nurani, dengan rujukan pada visi, misi dan program dari setiap pasangan calon selama kampanye. Dibalik itu, ada harapan agar Pilkada ini harus bisa menjamin solidaritas, dan bukan merusak persaudaraan dan kekeluargaan. Yang nanti menang pun harus bersyukur, tanpa harus mempermalukan yang kalah. Masyarakat pun diharapkan tidak golput, tapi menggunakan hak pilihnya secara bertanggungjawab, dengan menghindari politik uang.

Demikian intisari pendapat dua wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Lembata dan Flotim di DPRD NTT, Alexander Take Ofong, dan Gabriel Beri Binna, ketika diwawancarai mediantt.com di Kupang, Senin (13/2/2017).

“Bagi masyarakat pemilih, saya menghimbau untuk tidak golput. Gunakan hak pilih secara bertanggungjawab. Hindari politik transaksional dan jangan terjebak isue primordial,” kata Alex Ofong, politisi Partai NasDem ini.

Terlepas dari kapasitas diri sebagai politisi NasDem yang juga punya jago di Pilkada Lembata dan Flotim, Wakil Ketua DPRD NTT ini menghimbau agar masyarakat memilih secara rasional berdasarkan hati nurani yang jerni, agar yang terpilih nanti adalah yang terbaik, primus inter pares. “Hormatilah perbedaan pilihan diantara kita dan harus ada kesadaran bersama bahwa Pilkada harus menjamin solidaritas, bukan merusak solidaritas dan kekeluargaan. Saya juga berharap Pilkada ini berlangsung aman dan damai dengan tingkat partisipasi tinggi, yang ditunjang dengan kualitas dan integritas penyelenggara yang baik,” tegas Sekretaris DPW Partai NasDem NTT ini, mengingatkan.

Selain itu, politisi NasDem ini juga menghimbau penyelenggara Pilkada untuk menjalankan tugas secara bertanggungjawab dengan integritas tinggi agar Pilkada berlangsung secara jujur dan adil, sehingga hasilnya pun dapat diterima oleh publik.

Dan. “Bagi pihak keamanan, jalankan tugas pengamanan secara baik agar tidak terjadi kekisruhan. Tegas dalam bertindak terhadap pihak yang mengganggu keamanan sambil tetap menghormati martabat mereka yang bersalah,” imbuh Alex, pemegang mandat NasDem untuk  bersosialisasi menjadi Cagub NTT 2018.

Rangkul Semua

Sementara itu, kepada para kandidat dan tim sukses, Alex Ofong meminta untuk siap menghadapi hari H dengan tenang dan tetap menjaga sportifitas. “Bagi yang menang bersyukur tanpa harus mempermalukan yang kalah, sebaliknya tetap menghormati yang kalah sebagai kompetitor yang punya martabat. Rangkullah mereka sebagai sesama putra-putri terbaik untuk sama-sama membangun Lewotanah,” pesan alumnus STFK Ledalero ini.

Secara terpisah, kolega politiknya Gabriel Beri Binna juga berharap siapapun yang menjadi pemenang Pilkada di Lembata dan Flotim, harus bekerja keras membangun kemitraan dengan semua pihak, baik secara vertikal maupun horisontal dan lintas sektor, agar bersama-sama memetakan masalah dan potensi daerah untuk dikelolah memajukan daerah. “Jadi, bagi saya, pilkada selain melahirkan pemimpin yang diharapkan, tapi juga bisa menyelesaikan gesekan dan konflik yang sempat terjadi selama proses pilkada,” tegas Wakil Ketua DPRD NTT dari Partai Gerindra ini.

Selain itu, Wakil Ketua DPD Gerindra NTT ini berharap,  selesai Pilkada, kepala daerah dan wakil kepala daerah yang terpilih, segera membangun kembali konsolidasi dan merangkul semua pihak, baik partai politik maupun pasangan calon yang kalah untuk bersama membangun Lewotanah.

“Semua punya kapasitas. Kalau semua dirangkul dan dilibatkan dalam pembangunan, maka situasinya menjadi kondusif untuk bersama membangun daerah, mengejar ketertinggalan dari daerah lain,” kata politisi asal Alor ini. (jdz)

Foto : Wakil Ketua DPRD NTT, Alexander Take Ofong, S.Fil.