Headline

Malam Ini, Harnus 2016 Lembata Dilaunching di Jakarta

Jakarta, mediantt.com – Sesuai jadual malam ini tepat pukul 20.00 Waktu Indonesia Barat (wib), Senin (22/8), di Gedung Kementerian Pariwisata Jalan Merdeka Barat, Jakarta, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, akan melaunching Hari Nusantara (Harnnus) Tahun 2016 yang acara puncaknya jatuh pada 13 Desemer 2016, di Lembata.

Turut mendampingi Mendagri, Tjahjo Kumolo, melaunching Harnus tersebut, antara lain, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Gubernur Nusa Tenggara Timur, Frans Lebu Raya, Sekretaris Dewan Kelautan Indonesia, Aryo Hanggono, Sekda Lembata, Petrus Toda Atawolo dan Sekda Flotim, Tonce Matutina.

Dalam siaran pers Biro Humas Setda NTT dari Jakarta, Senin (22/8), Sekretaris Dewan Kelautan Indonesia, Aryo Hanggono, selaku koordinator sekaligus fasilitator pelaksanaan Hari Nusantara 2016, mengatakan peringatan Hari Nusantara digelar untuk merefleksi Deklarasi Juanda 1957 yang telah memberikan dampak terhadap teritorial laut Indonesia  dengan luas 5,7 juta hektar.

Selain itu, peringtann Hari Nusantara juga sebagai perwujudan dari nawacita yaitu membangun dari pinggiran. “Atas dasar pertimbangan tersebut, sudah saatnya kita mulai membangun dari kawasan ALTAKA (Alor, Lembata dan Larantuka) khususnya dan NTT secara umum. Tentang Kabupaten Lembata dijadiikan lokasi puncak peringatan Hari Nusantara 2016, sudah menjadi kesepakatan dengan Gubernur NTT dan tetapkan Lembata sebagai lokasi puncak acara,” Jelas Aryo Hanggono, di Gedung F- Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Senin (22/8).

Dikatakkan Aryo, diharapkan dengan digelarnya berbagai kegiatan pembangunan infrastruktur khususnya di kawasan ALTAKA yang dimulai segera menjelang puncak peringatan Hari Nusantara di Lembata pada 13 Desember 2016 mendatang, dapat membuka akses bagi perekonomian dan terciptanya konektivitas antara pulau di kawasan Flores. Salah satu pembangunan infrastruktur yang siap dibangun adalah Jembatan Pancasila Palmerah yang siap ground Breaking oleh Presiden Joko Widodo, pada puncak peringatan Hari Nusantara, Desember mendatang,” tambah Aryo.

Bappeda NTT, Wayan Darmawa, di Jakarta, mengatakan sebanyak 13 Kementerian/Lembaga termasuk POLRI dan TNI terlibat secara langsung dalam kepanitiaan Hari Nusantara 2016 di Lembata. “Jadi seluruh kegiatan dilaksanakan sebelum acara puncak Hari Nusantara hingga pasca Hari Nusantara, berupa kegiatan sosialisasi, pembangunan infrastruktur dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di kawasan ALTAKA,” tutur Wayan Darmawa. (hms/jdz)

Foto : Rapat bersama sebelum launching Hari Nusantara