Gab Suku Kotan Mendaftar ke Lima Partai Politik

by -143 views

Kupang, mediantt.com – Setelah mencermati dinamika politik yang berkembang dan aspirasi yang dikehendaki masyarakat Lembata, politisi Partai Demokrat, Gabriel Suku Kotan, SH, MSi, menyatakan sikap maju bertarung di Pilkada Lembata 2017. Ia bertekad maju bertarung sebagai bentuk pengabdiannya kepada Lewotana Lembata, setelah berkiprah dua periode sebagai wakil rakyat di DPRD NTT. Dan, Gabriel Kotan yang lebih tenar dengan sebutan GSK, mendaftarkan diri sebagai bakal calon wakil bupati Lembata ke lima partai politik, yakni Partai Demokrat, Nasdem, PKS, PKPI, dan Hanura.

“Tim GSK akan membawa berkas untuk mendaftar ke lima partai politik yang ada di Lembata. Lima partai ini punya seat (kursi) di DPRD Lembata. Tadi sore (Senin) sekitar pukul 15.00 Wita, kita sudah mendaftar ke Partai Nasdem, Hanura dan PKS, besok (Selasa) akan dilanjutkan ke Partai Demokrat dan PKPI,” kata Gab Kotan kepada mediantt.com di Kupang, Senin (14/3) malam.

Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD NTT ini menjelaskan, pendaftaran tersebut dilakukan oleh tim GSK yang ada di Lembata, bersama tim keluarga. Sebelum mendaftar, sebut Gab, sesuai tradisi Lamaholot, berkas bakal calon GSK, diinapkan dulu di rumah adat untuk didoakan sekaligus mendapatkan restu dari leluhur atas niat dan tekadnya untuk kembali membangun Lembata.

“Saya tidak kembali bertarung untuk hura-hura, tapi disposisi pribadi sudah jelas, bahwa saya pulang untuk membangun Lembata,” tegas mantan pengacara ini.

Ditanya soal risiko harus mundur dari anggota DPRD NTT karena pilihan untuk menjadi calon wakil bupati Lembata masa bhakti 2017-2022, GSK menegaskan, “Itu memang sudah risiko dari pilihan politik saya, dan saya akan ikhlas untuk harus mundur dari DPRD NTT demi Lembata tercinta. Ini sikap politik saya yang final untuk maju sebagai calon wakil bupati. Kalau pun (nanti) kalah, maka itu kalah terhormat dan kalau menang pun, menang bermartabat,” tandas GSK.

Ditanya lagi soal siapa yang akan menjadi tendemnya di Pilkada Lembata 2017, GSK kembalikan kepada partai yang akan mengusung bersama mitra koalisinya, tetapi ia lebih cenderung berduet dengan calon kuat bupati saat ini, Eliaser Yantjie Sunur. “Sudah ada komunikasi, tapi saya serahkan kepada partai pengusung dan parpol yang akan berkoalisi. Kita akan lakukan pertemuan lintas partai untuk bicara soal ini,” ujar Gab Kotan.

Ia menambahkan, pendaftaran ke Partai Nasdem Lembata diterima oleh Ketua Panitia Pendaftaran Gusty Bataona, sementara di PKS dan Hanura pun diterima langsung oleh pengurus teras kedua partai politik itu. Ketika menerima berkas lamaran GSK, Gusty Bataona menyampaikan apresiasi terhadap Gab Kotan yang telah berpartisipasi dengan mendaftar ke Partai Nasdem. “Terima kasih atas partisipasinya. Semuanya demi Lembata Tersenyum,” kata Gusty Bataona. (jdz)

Foto : Ketua Panitia Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Partai Nasdem, Gusty Bataona, ketika menerima tim yang mendaftarkan GSK sebagai bakal calon wakil bupati.