Headline

Inilah Lima Pimpinan KPK Pilihan DPR

JAKARTA – Komisi III DPR akhirnya menuntaskan proses pemilihan calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hasilnya, seluruh komisioner KPK periode 2014-2018 adalah wajah baru. Wajah lama seperti Johan Budi dan Busyro tersingkir.

Kelima capim KPK terpilih itu berdasarkan perolehan suara terbanyak dari hasil voting di Komisi III DPR. Lima capim KPK sesuai jumlah perolehan suara terbanyak adalah Alexander Marwata dengan 46 suara, Saut Situmorang (37 suara), Brigjen Basaria Panjaitan (51 suara), Agus Rahardjo (53 suara) dan Laode Muhammad Syarif (37 suara).

“Untuk putaran kedua, kita akan memilih calon ketua komisi pemberantasan korupsi,” kata Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsuddin selaku pimpinan rapat, Kamis (17/12) malam.

Sedangkan lima capim lain tersingkir. Mereka adalah Johan Budi dengan 25 suara, Robby Aryabrata (14 suara), Sujanarko (3 suara), Busyro Muqoddas (2 suara) dan Surya Tjandra tanpa suara.

Ada 54 anggota dan pimpinan Komisi III DPR yang memilih dalam voting atas capim KPK itu. Setiap anggota berhak untuk memilih lima nama capim KPK.

Saat ini, sidang diskors jelang pemilihan ketua KPK yang juga melalui voting. Satu anggota DPR akan memilih 1 dari 5 pimpinan terpilih.

Agus Jadi Ketua KPK

Komisi III DPR telah menggelar pemungutan suara tahap kedua untuk menentukan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2015-2019 dan hasilnya Mantan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP), Agus Raharjo, terpilih sebagai ketua.

Sebanyak 54 anggota dan pimpinan Komisi III DPR hadir dalam pemungutan suara tersebut. Agus mendapat 44 suara, sementara 10 suara sisanya didapat  Irjen Pol Basariah Panjaitan.

Pemungutan suara yang dipimpin oleh Ketua Komisi III Azis Syamsuddin itu berlangsung lancar dan diselingi candaan sesama anggota komisi III DPR.

Sebelumnya, Komisi III telah memilih lima dari 10 calon pimpinan (capim) KPK di kompleks parlemen Jakarta, Kamis
(17/12) malam. Dari lima pimpinan KPK yang terpilih pada tahap pertama selanjutnya dilakukan pemungutan suara tahap dua.

Sementara empat komisioner KPK yang terpilih sebelumnya adalah Hakim Ad hoc Tindak Pidana Korupsi Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Alexander Marwata, Staf Ahli Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Saut Situmorang, Irjen Pol Basariah Panjaitan dan Dosen Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Laode Muhammad Syarif. (sp/jk)

Ket Foto : Capim KPK Agus Rahardjo mengikuti uji kelayakan dan kepatutan capim KPK di Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, 16 Desember 2015.