Headline

Gugah Kesadaran Pangan, Sumba Timur Sosialisasi Aneka Menu

Waingapu, mediantt.com – Memperingati hari pangan sedunia (HPS) ke-35 tahun 2015, Pemerintah Kabupaten Sumba Timur, melalui Badan Bimas Ketahanan Pangan, menggelar lomba cipta menu beragam gizi, seimbang dan aman (B2SA). Lomba ini diikuti 22 Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Sumba Timur.

Kepala Badan Bimas Sumba Timur, Yosis Djawa Gigy kepada wartawan, Kamis (15/10/2015) menjelaskan, lomba cipta menu ini bertujuan menggugah kesadaran masyarakat, juga meningkatkan motivasi serta pemahaman masyarakat akan pentingnya pangan. “Pada saat bersamaan kami sosialisasikan aneka jenis menu berbasis sumber daya lokal,” kata Djawa Gigy.

Menurutnya, peringatan HPS yang dirayakan setiap tahun menjadi momentum untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian kepada masyarakat dan juga para stakeholder, karena pentingnya ketersediaan pangan yang cukup dan bergizi baik masyarakat Indonesia maupun dunia

“Jadi dengan rangkaian kegiatan HPS ini kita menstimulasi peningkatan pemahaman dan kepedulian terhadap penyedia pangan, sehingga kegiatan itu seperti inspeksi mendadak terhadap mutu dan keamanan pangan, promosi/pameran dan lomba cipta menu beragam, bergizi dan seimbang,” tegasnya.

Penjabat Bupati Sumba Timur, Yohanes L Hawula, kepada wartawan mengatakan, berbagai kegiatan dan lomba hari pangan sedunia adalah upaya untuk semakin mengintensifkan pengembangan pangan lokal untuk meningkatkan pangan lokal di Sumba Timur.

“Upaya ini agar semakin menyadarkan dan menggerakkan kita untuk lebih mendayagunakan potensi pangan lokal dan kita wujudkan kemandirian dan ketahanan pangan,” ujarnya.

Ia menambahkan, ini juga menjadi upaya pemerintah untuk mendukung kementerian pertanian dengan program Indonesia swasembada padi, jagung dan kedelai tahun 2017. (budi)

Ket Foto : Penjabat Bupati Sumba Timur, Yohanes L Hawula, ketika menyerahkan penghargaan kepada siswa SMA 1, Kecamatan Hahar, Kabupaten Sumba Timur, dalam lomba cipta menu.