Headline

NTT Optimistis Panen Padi 850.000 Ton

KUPANG — Pemerintah Nusa Tenggara Timur optimistis mencapai target panen 850.000 ton padi pada musim tanam 2015, untuk penuhi kebutuhan pangan masyarakat wilayah itu.

“Nusa Tenggara Timur memiliki sejumlah sentra produksi padi,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Nusa Tenggara Timur Anis Tay Ruba, kapada Antara di Kupang, Jumat (1/5).

Ia mengatakan, target itu secara akumulatif akan memanfaatkan lahan seluas 126.000 hektare yang tersebar di seluruh wilayah provinsi seribu pulau ini. Pemerintah sudah melakukan pemetaan lahan sehingga pemanfaatannya benar-benar efektif untuk peningkatan produktivitas. “Bahkan sudah kita terget seluruh lahan itu akan memproduksi padi selama dua kali tanam setahun,” katanya.

Selain target panen padi, Nusa Tenggara Timur juga menargetkan produktivitas hasil pertanian jenis jagung dan kacang kedelai, masing-masing mencapai kecukupan ratio kebutuhan pangan daerah. Untuk jagung ditargetkan mencapai 846.000 ton, yang akan ditanam di atas lahan seluas 300.000 hektare. Sedangkan untuk kacang kedelai, ditarget 3.700 ton yang akan ditanam pada lahan seluas 3.000 hektare. (ant)