Alor Siap Gelar Festival Adventure Indonesia 2015

by -124 views

Kalabahi, mediantt.com – Setelah sukses di Lembata pada 2014 lalu, Festival Adventure Indonesia (FAI) kembali dihelat di Kabupaten Alor, yang dijadwalkan pada 15-20 September 2015. Festival tahunan yang disponsori Event Organizer (EO), Way2East Jakarta ini, bekerja sama dengan sejumlah lembaga Kementerian, untuk mengangkat dunia pariwisata di Indonesia Timur, termasuk Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dari jadwal tersebut, Way2East telah melakukan survei disejumlah lokasi yang akan dijadikan tempat festivel. Lokasi yang disurvei itu telah dianggap layak dan siap untuk menggelar FAI. “Way2East betul- betul mau mempromosikan apa yang menjadi milik di NTT. Tahun 2014 lalu, kegiatannya dilaksanakan di Kabupaten Lembata dan tahun ini, kegiatan yang sama dilakukan di Alor dengan FAI,” kata Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Kabupaten Alor, Dra. Sri Inang Ananda Enga, kepada mediantt.com, diruang kerjanya, Senin (9/3/2015).

Inang Enga menyebutkan, pihak Way2East telah menyampaikan hasil survei kepada Bupati Alor, Drs. Amon Djobo beberapa waktu lalu, dan telah mendapat respon positif. Menurutnya, dari hasil survei tersebut, pihak Way2East juga telah menyampaikan gambaran umum. “Teman-teman ini sudah audience dengan bupati. Kegiatan ini sangat mendukung program kerja dan menjadikan pariwisata sebagai program unggulan. Menurut pihak Way2East, Alor memang luar biasa dan potensinya yang sangat luar biasa dan layak dipromosikan serta dipasarkan ke tingkat nasional maupun internasional,” ujarnya.

Sebagaimana telah disampaikan juga Ince Sianturi dari Way2East di Kalabahi belum lama ini, dari hasil survey, ada 13 titik yang akan dijadikan lokasi FAI. Menurut dia, FAI akan melibatkan penduduk setempat, karena rumah penduduk akan dijadikan tempat penginapan peserta. “Kita harapkan dukungan dari teman-teman (media) untuk membantu kami juga untuk mempromosikan kegiatan ini. Yang harus digarisbawahi, karena kegiatan ini lebih banyak ke masyarakat dan menggunakan apa yang ada di masyarakat. Kegiatannya ada di kampung dan peserta akan menggunakan rumah-rumah penduduk, makan minum dan sebagainya dan ini bermanfaat bagi masyarakat,” kata Sianturi.

Ia juga menyebutkan, kegiatan ini ke depan bukan hanya mendatangkan wisatawan, tapi mengembangkan potensi lokal terutama masyarakat untuk menyambut kedatangan wisatawan. Menurutnya, FAI akan berlokasi Kalabahi, Batu Putih, Kokar, Monbang, Pulau Sika, Mali, Maimol, Pulau Ternate, Pulau Buaya, Pulau Pura, Pulau Pantar, Gunung Sirung, Pulau Kepa dan beberapa lokasi lainnya. (joka)

Foto: Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Alor, Dra. Sri Inang Ananda Enga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *